ASSALAMU'ALAIKUM Wr.Wb

Jumat, 25 Maret 2016

MANUSIA DAN HARAPAN - IBD


MANUSIA DAN HARAPAN

BAB I
A. Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda dari segi biologi, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin yang berarti "manusia yang tahu"), sebuah spesies primata dari golongan mamaliaa yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain.

B. Harapan atau asa adalah bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan akan didapatkan atau suatu kejadian akan bebuah kebaikan di waktu yang akan datang. Pada umumnya harapan berbentuk abstrak, tidak tampak, namun diyakini bahkan terkadang, dibatin dan dijadikan sugesti agar terwujud. Namun adakalanya harapan tertumpu pada seseorang atau sesuatu. Pada praktiknya banyak orang mencoba menjadikan harapannya menjadi nyata dengan cara berdoa atau berusaha.

  C. Manusia dan Harapan adalah bagian hidup dari manusia.
Manusia yang tidak memiliki harapan sama saja seperti orang yang mati. Harapan adalah awal menuju tujuan hidup manusia yang bermacam-macam.. Jika manusia mengingat bahwa kehidupan tidak hanya di dunia saja namun di akhirat juga, maka sudah selayaknya “harapan” manusia untuk hidup berikutnya ditempat tersebut juga akan mendapatkan kebahagiaan. Dengan begitu manusia dapat menyelaraskan kehidupan antara dunia dan akhirat dan selalu berharap bahwa “hari esok lebih baik dari pada hari ini dan menjadikan masa lalu sebagai cermin untuk meraih masa depan yang lebih baik”, namun kita harus sadar bahwa harapan tidak selamanya menjadi kenyataan atau menjadi keinginan yang kita mau. Karna, sebuah harapan timbul dari rasa keinginan .

D. Macam-Macam Manusia Dan Harapan Menurut kodratnya dalam diri manusia terdapat dua dorongan
yaitu dorongan kodrat serta dorongan kebutuhan hidup :
1. Dorongan kodrat adalah dorongan yang dilandasi dari  ketetapan yang maha ESA.
2. Dorongan kebutuhan hidup yang didorong dari macam-macam yang manusia   perlukan . seperti harapan ingin mempunyai rumah , berkehidupan layak dan  enak . itubagian dari dorongan hidup yang harus dipenuhi.


E.  BERBAGAI KEPERCAYAAN DAN USAHA MENINGKATKANNYA
Dasar kepercayaan adalah kebenaran. Sumber kebenaran adalah manusia . Kepercayaan itu dapat dibedakan atas :
1.      Kepercayaan pada diri sendiri
2.      Kepercayaan pada orang lain
3.      Kepercayaan pada pemerintah
4.      Kepercayaan terhadap tuhan
Berbagai usaha yang dilakukan oleh manusia untuk menigkatkan rasa percaya terhadap tuhannya. Usaha itu bergantung pada kondisi pribadi situasi dan lingkungan. Usaha itu antara lain:
a.       Meningkatkan ketakwaan kita dengan jalan meningkatkan ibadah

b.      Menigkatkan pengabdian kita terhadap masyarakat

c.       Meningkatkan kecintaan kita kepada sesame manusia

d.      Mengurangi nafsu mengumpulkan harta yang berlebihan

e.       Menekan perasaan negative.











BAB II
KESIMPULAN
            Harapan merupakan suatu kondisi dimana seseorang akan melakukan apapun untuk mencapai tujuan semaksimal mungkin. Setiap individu memiliki harapan nya masing – masing terhadap kelangsungan hidup mereka.
            Usaha yang dilakukan untuk mencapai suatu harapan sangatlah beragam. Misalnya bekerja keras, memohon dan berdoa kepada Yang Maha Kuasa.
            Ada berbagai macam harapan yang ada, namun tidak semua harapan dapat tercapai dengan mudah. Butuh kerja keras untuk mencapai harapan tersebut.

DAFTAR PUSTAKA
https://id.wikipedia.org/wiki/Manusia
https://id.wikipedia.org/wiki/Harapan




0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More